Kamis, 09 Februari 2012

Pohon Maple (Maple Tree)

Morfologi.
        Maple Kebanyakan pohon yang tumbuh sampai 10 - 45 meter (30-145 kaki) tingginya. Lainnya adalah semak kurang dari 10 meter tinggi dengan sejumlah kecil batang yang berasal di tingkat tanah. Sebagian besar spesies yang gugur, tapi beberapa di selatan Asia dan wilayah Mediterania adalah hijau. Kebanyakan warna-toleran ketika muda dan sering terlambat-suksesi dalam ekologi, banyak dari sistem akar biasanya padat dan berserat. Beberapa spesies, terutama Acer cappadocicum, sering menghasilkan kecambah root, yang dapat berkembang menjadi koloni klonal. 
         Maples dibedakan dengan susunan daun yang berlawanan. Daun pada spesies kebanyakan palmate berurat dan lobed, dengan 3 sampai 9 (jarang 13) pembuluh darah yang mengarah ke setiap lobus, salah satunya adalah pusat atau apikal. Sejumlah kecil spesies berbeda dengan adanya senyawa palmate, senyawa menyirip, daun berurat atau unlobed menyirip. Beberapa spesies, termasuk Acer griseum (Paperbark maple); Acer mandshuricum (Manchuria maple); Acer maximowiczianum (Nikko maple), dan Acer triflorum (Tiga-bunga mapel), memiliki daun trifoliate. Satu spesies, Acer negundo (Kotak-tua), memiliki daun pinnately kompleks yang mungkin hanya trifoliate atau mungkin memiliki lima, tujuh, atau sembilan selebaran jarang. Sebuah beberapa bunga, seperti Acer laevigatum (Nepal maple) dan Acer carpinifolium (hornbeam maple), telah pinnately berurat leaves.The sederhana yang biasa, pentamerous, dan ditanggung di racemes, corymbs, atau umbels. Mereka memiliki empat atau lima sepal, empat atau lima kelopak sekitar 1 - 6 mm panjang (absen dalam beberapa spesies), 4-10 benang sari sekitar 6 - 10 mm, dan dua putik atau putik dengan dua gaya. Ovarium lebih unggul dan memiliki dua karpel, yang sayap memanjangkan bunga, sehingga mudah untuk membedakan mana bunga adalah perempuan. Maples bunga di akhir musim dingin atau awal musim semi, di sebagian besar spesies dengan atau hanya setelah munculnya daun, namun dalam beberapa sebelum pohon daun keluar.
           Maple bunga berwarna hijau, kuning, oranye atau merah. Meskipun secara individu kecil, efek dari sebuah pohon di seluruh bunga dapat mogok di beberapa spesies. Beberapa maple merupakan sumber awal musim semi serbuk sari dan nektar untuk buah khas bees.The disebut Samaras atau "maple kunci". Biji ini, atau 'whirlybirds,' terjadi pada pasangan yang berbeda setiap satu biji mengandung tertutup dalam "kacang kecil" terpasang pada sayap rata dari berserat, jaringan tipis. Mereka dibentuk untuk berputar saat jatuh dan membawa biji jarak yang cukup jauh pada angin. Anak-anak sering menyebutnya "helikopter" karena cara mereka berputar saat jatuh. Pematangan benih biasanya dalam beberapa minggu sampai enam bulan setelah berbunga, dengan penyebaran benih tak lama setelah jatuh tempo. Namun, satu pohon dapat melepaskan ratusan ribu bibit pada suatu waktu. Tergantung pada spesies, benih dapat kecil dan hijau menjadi oranye dan besar dengan polong lebih tebal. Benih-benih hijau yang dirilis berpasangan, kadang-kadang dengan batang tetap terhubung. Benih kuning dilepaskan secara individu dan hampir selalu tanpa batang. Sebagian besar spesies memerlukan stratifikasi untuk tumbuh, dan beberapa bibit dapat tetap terbengkalai di dalam tanah selama beberapa tahun sebelum berkecambah.

Budaya Signifikansi.
             Sebuah daun maple adalah pada lambang Kanada, dan pada bendera Kanada. Maple adalah simbol umum dari kekuatan dan daya tahan dan telah dipilih sebagai pohon nasional dari berbagai negara termasuk Kanada. Daun maple secara tradisional merupakan bagian penting dari Pasukan Kanada regalia militer.

Digunakan.

Horticular.
              Maples ditanam sebagai pohon hias oleh pemilik rumah, bisnis dan kotamadya. Acer platanoides (Norwegia maple) sangat populer karena cepat berkembang dan sangat dingin-tahan, meskipun juga merupakan spesies invasif di beberapa daerah. Maple lain, terutama spesies yang lebih kecil atau lebih tidak biasa, yang populer sebagai pohon spesimen.

Cultivars.
               Kultivar maple Banyak yang telah dipilih untuk karakteristik tertentu dapat diperbanyak hanya dengan reproduksi aseksual seperti stek, kultur jaringan, tunas atau okulasi. Acer Palmatum (mapel Jepang) sendiri memiliki lebih dari 1.000 kultivar, paling dipilih di Jepang, dan banyak dari mereka tidak lagi disebarkan atau tidak dalam budidaya di dunia Barat. Beberapa kultivar halus biasanya ditanam dalam pot dan jarang mencapai ketinggian lebih dari 50-100 cm.
Bonsai.
Maples adalah pilihan populer untuk seni bonsai. Acer Palmatum (mapel Jepang), Acer buergerianum (Trident maple), Acer ginnala (Amur maple), Acer Campestre (Field maple) dan Montpellier maple (A. monspessulanum) adalah pilihan populer dan merespon dengan baik untuk teknik yang mendorong pengurangan daun dan percabangan, tetapi sebagian besar spesies dapat digunakan.


Koleksi.
                Maple koleksi, kadang-kadang disebut aceretums, menempati ruang di kebun dan banyak arboreta seluruh dunia termasuk "lima besar itu W" di Inggris: Wakehurst Taman Place, Westonbirt Arboretum, Windsor Great Park, Winkworth Arboretum dan Kebun Wisley. Di Amerika Serikat, aceretum di Harvard milik Arnold Arboretum di Boston sangat terkenal. Dalam jumlah spesies dan kultivar, yang Aceretum Esveld di Boskoop, Belanda merupakan yang terbesar di dunia.

Pariwisata.
                Maple Banyak dedaunan musim gugur yang cerah, dan banyak negara memiliki daun menonton tradisi. Di Jepang, kebiasaan melihat perubahan warna maple di musim gugur disebut "momijigari". Nikko dan Kyoto khususnya disukai tujuan untuk kegiatan ini. Selain itu, di Korea, aktivitas melihat yang sama disebut "Danpung-Nori" dan Seoraksan dan Naejang-san pegunungan adalah tempat yang sangat terkenal untuk itu.

The Acer saccharum (gula maple) adalah kontributor pariwisata Jatuh musiman di Amerika Utara, khususnya di Tengah Ontario, Quebec, Vermont, New Hampshire dan Barat Massachusetts.


Komersial Penggunaan.
               Mapels penting sebagai sumber sirup dan kayu. Kayu kering sering digunakan untuk merokok makanan. Mereka juga dibudidayakan sebagai tanaman hias dan memiliki manfaat bagi pariwisata dan pertanian.

Sirup Maple.
                Para maple Gula (Acer saccharum) disadap untuk getah, yang kemudian direbus untuk menghasilkan sirup maple atau dibuat menjadi gula maple atau maple gula-gula. Dibutuhkan sekitar 40 liter Gula mapel getah untuk membuat liter sirup. Sirup dapat dibuat dari spesies yang terkait erat juga, tetapi output mereka lebih rendah.


Kayu.
                Beberapa spesies maple berharga kayu yang lebih besar memiliki, terutama Gula mapel di Amerika Utara, dan maple Sycamore di Eropa. Gula kayu maple - sering dikenal sebagai "hard maple" - adalah kayu pilihan untuk pin bowling, bowling jalur gang, poros kolam isyarat, dan blok tukang daging. Maple kayu juga digunakan untuk pembuatan tongkat bisbol kayu, meskipun kurang sering daripada abu atau Hickory karena kecenderungan maple kelelawar untuk menghancurkan bila rusak. Kelelawar maple diperkenalkan ke Major League Baseball (MLB) pada tahun 1998 oleh Sam Holman Sam Bats. Hari ini adalah kelelawar maple standar yang paling digunakan oleh bisbol profesional. Maple juga biasa digunakan dalam memanah sebagai bahan inti pada tungkai dari Bow recurve karena kekakuan dan kekuatan.

Kayu maple sering dinilai berdasarkan karakteristik fisik dan estetika. Terminologi yang paling umum termasuk skala penilaian dari umum yang tidak dipilih, dan sering digunakan untuk kayu kerajinan, umum digunakan untuk bangunan komersial dan perumahan, Clear, dan pilih kelas yang mencari untuk pengerjaan kayu halus.

Beberapa kayu maple memiliki tekstur kayu yang sangat dekoratif, yang dikenal sebagai api maple, maple selimut, Birdseye maple dan Burl kayu. Kondisi ini terjadi secara acak di setiap pohon beberapa spesies, dan sering tidak dapat terdeteksi sampai kayu telah gergajian, meskipun kadang-kadang terlihat di pohon berdiri sebagai berdesir pola di kulit.




Nada Maple.
                 Maple dianggap sebagai tonewood, atau kayu yang membawa gelombang suara dengan baik, dan digunakan dalam alat musik banyak. Maple lebih sulit dan memiliki suara lebih terang dari Mahoni, yang merupakan tonewood utama yang digunakan dalam pembuatan instrumen.

Bagian belakang, samping, dan leher biola paling, biola alto, cello, bass ganda dan banyak gitar terbuat dari maple.

Leher gitar listrik biasanya terbuat dari maple. Leher Fender Stratocaster dan Telecaster awalnya leher salah satu bagian yang sama sekali maple, namun kemudian juga tersedia dengan fingerboards rosewood. Fingerboards maple yang dikatakan memiliki suara lebih terang dari rosewood. Puncak dari Gibson Les Paul gitar terbuat dari maple berukir. Banyak Les Paul memiliki berlapis atau top maple dinyalakan, dan model ini sangat dihargai oleh pemain dan kolektor untuk kecantikan mereka. Sangat sedikit gitar solid body yang seluruhnya terbuat dari maple, karena dianggap terlalu berat. Banyak gitar, bagaimanapun, memiliki top maple atau veneer. Gibson menggunakan maple dilaminasi dalam pembuatan banyak semi-hollowbody nya gitar.

Maple juga sering digunakan untuk membuat bassoons dan kadang-kadang untuk instrumen tiup kayu lainnya.
Banyak drum terbuat dari maple. Dari 70-an ke 90-an, maple Drum kit adalah sebagian besar dari semua drum kit dibuat, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, Birch telah menjadi populer untuk drum sekali lagi. Beberapa drum bangunan perusahaan terbaik gunakan secara luas di seluruh maple pertengahan pro jangkauan mereka. Maple drum disukai untuk suara cerah resonan mereka.

Pertanian.
                Karena mereka adalah sumber utama serbuk sari di awal musim semi sebelum tanaman lainnya telah berbunga, pohon maple yang penting bagi kelangsungan hidup lebah madu yang memainkan peran penting secara komersial kemudian pada musim semi dan musim panas.

Kayu Pulp.
                Maple digunakan sebagai kayu pulp. Serat memiliki dinding yang relatif tebal yang mencegah runtuh dan air. Ini memberi massal yang baik dan opacity pada kertas. Maple juga memberikan kertas cetak dengan sifat yang baik.


Hama Dan Penyakit.
                 Daun digunakan sebagai tanaman makanan untuk larva beberapa spesies Lepidoptera (lihat Daftar Lepidoptera yang memakan maple). Kutu daun juga sangat umum getah-pengumpan pada maple. Dalam aplikasi hortikultura semprot dimethoate akan memecahkan ini.

Di Amerika Serikat dan Kanada, semua spesies maple terancam oleh Beetle Longhorned Asia (Anoplophora glabripennis). Infestasi telah mengakibatkan kerusakan ribuan maple dan jenis pohon lainnya di Illinois, Massachusetts, New Jersey dan New York.

Maples dipengaruhi oleh sejumlah penyakit jamur. Beberapa rentan terhadap layu Verticillium disebabkan oleh Verticillium spesies, yang dapat menyebabkan kematian lokal yang signifikan. Sooty penyakit kulit, yang disebabkan oleh spesies Cryptostroma, dapat membunuh pohon yang berada di bawah stress karena kekeringan. Kematian maple jarang dapat disebabkan oleh Phytophthora busuk akar dan busuk akar Ganoderma. Daun maple pada akhir musim panas dan musim gugur sering dirusak oleh "tempat tar" yang disebabkan oleh spesies Rhytisma dan jamur yang disebabkan oleh spesies Uncinula, meskipun penyakit ini biasanya tidak memiliki efek buruk pada kesehatan jangka panjang pohon-pohon '.






7 komentar:

  1. Sangat menarik sekali thanks infonya

    BalasHapus
  2. kalo di indonesia kira kira bisa engga ya nanam pohon maple?

    BalasHapus
  3. butuh blok kayu maple.. adakah info yg jual?.

    BalasHapus
  4. Bloompedia

    Terima kasih banyak atas informasinya... thank you..!!!!

    BalasHapus
  5. Menarik , namun sayang google translate banget ..jadi rancu aja susunan kalimatnya ...

    BalasHapus